Khasiat Buah Belimbing Untuk Tubuh

Buah Belimbing
Buah Belimbing

Buah belimbing adalah salah satu jenis buah yang banyak digemari orang dan ada banyak khasiat belimbing yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan diri kita sendiri. Buah belimbing merupakan buah asli yang berasal dari berbagai negara di Asia Tenggara seperti Filipina, Indonesia, Vietnam, India, dan negara-negara Asia Timur dan pasifik lainnya.

Buah berbentuk lonjong menyerupai bentuk bintang ini menyimpan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, selain dari rasanya yang manis dan segar. Buah blimbingbiasanya tumbuh subur di daerah tropis. Para ahli kesehatan sangat menyarankan kita agar mengkonsumsi belimbing karena buah belimbing dapat membantu pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dan kaya akan vitamin C.

Ditambah yang tak kalah penting adalah kandungan seratnya yang cukup tinggi sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa khasiat yang perlu anda ketahui mengenai buah berbentuk bintang ini.

Khasiat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat belimbing yang pertama adalah memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat, seperti kandungan gizi lainnya, sangat penting bagi tubuh kita. Buah belimbing yang dimakan beserta kulitnya, biasanya menyimpan kandungan serat yang tinggi.

Kandungan serat yang tinggi diperlukan bagi tubuh untuk membantu mencegah masuknya kolesterol jahat yang terbawa makanan ke dalam usus. Serat juga membantu melindungi selaput lendir pada usus besar dari paparan zat beracun.

Khasiat belimbing lainnya adalah kaya akan vitamin C. Seperti buah buah pada umumnya, kandungan vitamin C yang ada dalam buah belimbing berfungsi untuk anti oksidan alami. Anti oksidan sendiri diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari segala jenis virus dan penyakit.

Tidak hanya itu, vitamin C juga berfungsi sebagai pencegahan tubuh terhadap virus flu dan membuat tubuh kebal terhadap radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Selain sebagai sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit dan radikal bebas, vitamin C juga berfungsi untuk membantu pencernaan tubuh. Karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi, maka disarankan bagi kita untuk sering mengkonsumsi belimbing karena buah belimbing dapat membantu mencegah sariawan.

Khasiat belimbing yang tak kalah penting adalah buah ini kaya akan vitamin B. Sama halnya seperti vitamin A dan C yang terkandung dalam buah belimbing, vitamin B merupakan salah satu vitamin yang penting yang dibutuhkan tubuh kita setiap hari.

Buah belimbing diketahui merupakan sumber vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin, dan piridoksin. Vitamin B kompleks berguna sebagai bahan bakar bagi tubuh yang dapat membuat tubuh mendapatkan asupan energi sepanjang hari. Semua manfaat dari vitamin B kompleks tersebut dapat membantu metabolisme di dalam tubuh.

Khasiat yang terakhir adalah rendah kalori dan dapat membantu menurunkan kolesterol. Buah belimbing merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Kadar rendah dalam buah belimbing menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang sedang menjalani diet rendah kalori.

Selain itu belimbing dapat membantu menurunkan kolesterol. Kolesterol adalah komponen lemak yang terdapat dalam pembuluh darah. Kolesterol sebenarnya berfungsi sebagai sumber energi dan membentuk dinding sel-sel dalam tubuh. Kolesterol pada dasarnya memang diperlukan bagi tubuh.

Namun, kolesterol terbagi dua yakni kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Kolesterol jahat inilah yang menjadi penyebab terjadinya penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah tidak lancar. Maka dari itu dengan kita mengkonsumsi belimbing, maka kandungan buah belimbing mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Melihat banyaknya khasiat belimbing yang terkandung di dalamnya, maka tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsinya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *