Manfaat Mengkonsumsi Susu Kacang Kedelai

Sebenarnya susu hanya dihasilkan oleh hewan mamalia yang menyusui anaknya, sedangkan susu kedelai ini adalah hasil perasan dari kacang kedelai yang warnanya putih menyerupai susu sehingga disebut susu kacang kedelai. Selain itu juga ada susu kacang almond yang berwarna putih dengan kandungan nutrisi nabati yang baik untuk tubuh.

Manfaat Mengkonsumsi Susu Kacang Kedelai

Susu kedelai tergolong mudah didapatkan di Indonesia karena temasuk salah satu negara penghasil kacang kedelai terbesar dengan harga yang jauh lebih murah daripada almond.  Kandungan di dalamnya pun sudah sangat lengkap seperti riboflavin, lemak nabati, antioksidan, phytoestrogen, mineral, asam amino, asam folat, vitamin E, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, vitamin B1, vitamin A, dan protein.

Dengan kandungannya tersebut tentu susu kacang kedelai sangat baik untuk mendukung kesehatan, antara lain adalah:

Menjaga Kestabilan Detak Jantung

Susu kedelai hanya mengandung minyak jenuh dengan takaran yang tidak banyak sehingga dapat menambah kadar kolesterol jahat di dalam darah dan baik dikonsumsi untuk melindungi kesehatan jantung dan tidak dapat menimbulkan obesitas.

Meningkatkan Produksi Hormon Insulin

Timbulnya penyakit diabetes karena tubuh mengalami kekurangan hormon insulin segingga timbulnya abnormal metabolisme lemak, protein, karbohidrat, elektrolit, dan air. Susu kedelai memiliki kandungan asam amino seperti glisin dan ariginin yang dapat melindungi kestabilan hormon insulin di dalam tubuh.

Menguatkan Tulang

Kandungan vitamin D dan kalsium yang terdapay didalam susu kedelai yang dibutuhkan untuk menguatkan tulang, melindungi bentuk tulang, melindungi kepadatan tulang dan menutrisi tulang. Sehingga susu kedelai bisa melindungi kesehatan tulang dan bisa menghindari timbulnya osteoporosis.

Menjaga Berat Badan Ideal

Susu kedelai memiliki kadar gula dengan jumlah yang tidak banyak sebab di dalam susu tersebut memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang bisa mengganggu proses penghisapan lemak di dala usus sehingga bisa menghasilkan efek yang mengenyangkan dalam waktu yang cukup lama.

Menutrisi Kulit Secara Alami

Kandungan vitamin E dan antioksidan yang terdapat di dalam susu kedelai. Kedua jenis kandungan ini berfungsi untuk melindungi kesehatan kulit. Kandungan antioksidan berfungsi melawan dampak radikal bebas yang bisa menimbulkan penyakit kanker kulit. Sedangkan kandungan vitamin E bermanfaat untuk mencerah kulit, mengencangkan kulit, menghaluskan kulit, melembabkan kulit serta tampak terlihat lebih awet muda.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Tidak sama dengan susu kambing dan susu sapi yang memiliki tinggi lemak jenuh, sedangkan lemak susu kedelai sebagian banyak memiliki rendah kolesterol dan asam lemak tak jenuh. Asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal yang terdapay di dalam kedelai bisa mengganggu pengangkatan kolesterol menuju peredaran darah. Suatu studi mengatakan kalau mengkonsumsi susu kedelai secara teratur dengan porsi yang tidak berlebihan bisa mengurangkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Susu kacang kedelai ini dapat dikonsumsi sebagai pengganti susu hewani bagi orang yang memiliki alergi khusus yang dialami orang tertentu. Selain itu susu kacang kedelai juga aman untuk dikonsumsi anak anak di atas usia satu tahun.

Continue Reading